Sastrawan Korrie Layun Rampan Meninggal Dunia

Standard

Ratapan

Sastra Indonesia kembali kehilangan salah satu penulis terbaiknya. Sastrawan dari tanah Borneo Korrie Layun Rampan meninggal dunia hari Kamis tanggal 19 November 2015. Sastrawan yang sudah menulis lebih dari 300 buku ini ini disemayamkan di rumah duka Yayasan RS Cikini Jakarta.

Korrie Layun Rampan, lahir di Samarinda, Kalimantan Timur pada 17 Agustus 1953. Ia merupakan pencetus penyusun buku Sastrawan Angkatan 2000 terbitan Gramedia Pustaka Utama yang memuat lebih dari seratus sastrawan, terdiri dari penyair, cerpenis, novelis, esais, dan kritikus sastra.

Selain dikenal sebagai sastrawan ia pernah menjadi seorang wartawan dan editor buku untuk sejumlah penerbit. Ia juga pernah menjadi penyiar di RRI dan TVRI Studio Pusat, Jakarta. Korrie juga menjabat Direktur Keuangan merangkap Redaktur Pelaksana Majalah Sarinah, Jakarta. Sejak Maret 2001, Korrie menjadi Pemimpin Umum/Pemimpin Redaksi Koran Sendawar Pos yang terbit di Barong Tongkok, Kabupaten Kutai Barat, Kalimantan Timur.

Sastrawan besar ini juga merupakan pengajar di Universitas Sendawar, Melak, Kutai Barat, Kalimantan Timur. Tahun 2004 ia sempat menjadi anggota Panwaslu Kabupaten Kutai Barat, kemudian mengundurkan diri karena mengikuti pencalonan anggota DPRD. Ia terpilih menjadi anggota DPRD Kabupaten Kutai Barat periode 2004-2009.

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s