Pengetahuan Dasar Belajar Jurnalistik

cover-buku-4-pilar-jurnalistik-5aa4aabcdd0fa87cf35bf342Dunia jurnalistik adalah dunia yang cukup digandrungi anak-anak muda saat ini. Apalagi dengan perkembangan media, dimana aktivitas media bisa dilakukan oleh siapa saja. Termasuk oleh orang-orang yang tidak memiliki dasar ilmu dan keterampilan jurnalistik.

Akhirnya, berbagai media saat ini dipenuhi tulisan/karya yang dianggap karya jurnalistik tapi sebenarnya tidak memenuhi syarat sebagai karya jurnalistik. Oleh sebab itu mempelajari ilmu dan keterampilan jurnalistik menjadi penting jika ingin terjun ke dunia jurnalistik ini.

Buku Empat Pilar Jurnalistik, Pengetahuan Dasar Belajar Jurnalistik ini penting untuk anak-anak muda yang ingin belajar menulis. Apalagi untuk mahasiswa yang mengambil kuliah Jurnalistik. Buku ini akan menuntun untuk mempelajari dasar-dasar jurnalistik.

Dalam beberapa bagian, penulis menguraikan teknik menulis dilengkapi dengan langkah-langkahnya. Karena dimaksudkan untuk pemula, tentunya buku ini ditulis dengan bahasa yang sangat sederhana, sehingga mudah dipahami semua orang.

Buku ini menguraikan empat pilar utama dalam pembelajaran jurnalistik yaitu Etika Jurnalistik (Code of Conduct), Manajemen Ruang Redaksi, Teknik Liputan (Reportase), dan Teknik Menulis. Dalam teknik menulis, selain menulis berita sebagai kemampuan utama yang harus dimiliki jurnalis, ada bonus pengajaran teknik menulis feature, teknik menulis opini, teknik menulis esai, dan teknik menulis resensi. Selain itu juga ditambah pembahasan tentang bahasa jurnalistik.

Azwar, Penulis buku ini adalah Alumni Magister Ilmu Komunikasi FISIP, Universitas Indonesia. Sejak tahun 2000 menjadikan media massa di daerah maupun media nasional sebagai laboratorium kepenulisannya. Menulis buku fiksi dan non fiksi seperti novel, kumpulan cerpen, dan puisi. Pernah menjadi Wartawan, Staf Ahli DPR RI, dan sekarang menjadi Dosen Tetap di Program Studi Ilmu Komunikasi FISIP, UPN “Veteran” Jakarta. (*)

Leave a comment